BERPIKIR KOMPUTASI

- Struktur data

Struktur data adalah cara menyimpan dan mengatur data secara terstruktur pada sistem komputer atau pangkalan data ( database ) sehingga lebih mudah diakses. Secara teknis, data dalam bentuk angka, huruf, simbol, dan lainnya ini diletakkan dalam kolom-kolom dan susunan tertentu. Contoh struktur data dapat dilihat pada berkas-berkas lembar sebar ( spreadsheet ), pangkalan data.      

Dalam teknik  pemrograman , struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang terlihat oleh pengguna ataupun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak terlihat oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut disebut catatan. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan data dasar (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata yang kolomnya berubah secara dinamis.



 

- Tree data

 Dalam ilmu komputer, pohon adalah tipe data abstrak yang digunakan secara luas yang mewakili struktur pohon hierarkis dengan kumpulan simpul yang terhubung. Setiap simpul di pohon dapat dihubungkan ke banyak anak (tergantung pada jenis pohon), tetapi harus dihubungkan ke tepat satu induk, [1] kecuali untuk simpul akar , yang tidak memiliki induk (yaitu, simpul akar sebagai simpul paling atas dalam hierarki pohon). Batasan-batasan ini berarti tidak ada siklus atau "loop" (tidak ada simpul yang dapat menjadi leluhurnya sendiri), dan juga bahwa setiap anak dapat diperlakukan seperti simpul akar dari sub-pohonnya sendiri, menjadikan rekursi sebagai teknik yang berguna untuk melintasi pohon . Berbeda dengan struktur data linier, banyak pohon tidak dapat direpresentasikan oleh hubungan antara simpul-simpul tetangga (simpul induk dan anak dari suatu simpul yang dipertimbangkan, jika ada) dalam satu garis lurus (disebut tepi atau tautan antara dua simpul yang berdekatan). 

Pohon yang tidak diurutkan ini memiliki nilai yang tidak unik (misalnya, nilai 2 ada di node yang berbeda, tidak hanya di satu node) dan bersifat non-biner (hanya hingga dua node anak per node induk dalam pohon biner). Node akar di bagian atas (dengan nilai 2 di sini), tidak memiliki induk karena merupakan node tertinggi dalam hierarki pohon.




- Graph data

 Dalam ilmu komputer, grafik adalah tipe data abstrak yang dimaksudkan untuk mengimplementasikan konsep grafik tak berarah dan grafik berarah dari bidang teori grafik dalam matematika.

Struktur data grafik terdiri dari kumpulan titik (yang mungkin bisa berubah) yang terbatas (juga disebut node atau titik ), bersama dengan kumpulan pasangan titik yang tidak berurutan untuk grafik yang tidak berarah atau kumpulan pasangan berurutan untuk grafik berarah. Pasangan ini dikenal sebagai edge (juga disebut link atau garis ), dan untuk grafik berarah juga dikenal sebagai edge tetapi terkadang juga disebut panah atau busur . Titik dapat menjadi bagian dari struktur grafik, atau dapat menjadi entitas eksternal yang direpresentasikan oleh indeks atau referensi integer.




- Algoritma

 Dalam  matematika  dan  ilmu komputeralgoritma  adalah rangkaian terbatas dari instruksi-instruksi yang rumit, yang biasanya digunakan untuk menyelesaikan atau menjalankan suatu kelompok masalah  komputasi  tertentu. Algoritma digunakan sebagai spesifikasi untuk melakukan perhitungan dan pemrosesan  data .

 Algoritma yang lebih mutakhir dapat melakukan deduksi otomatis (disebut sebagai penalaran otomatis) dan menggunakan tes matematis dan logis untuk mengarahkan eksekusi kode melalui berbagai rute (disebut sebagai pengambilan keputusan otomatis). Penggunaan karakteristik manusia sebagai deskriptor mesin secara metaforis telah dipraktikkan oleh  Alan Turing  dengan terminologi seperti "memory", "search" dan "stimulus". [1]



- Definisi algoritma menurut para ahli

+Menurut Abu Ja'far Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi, Seorang Matematikawan Islam dari Uzbekistan

Algoritma adalah suatu metode khusus untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang ada.

+Menurut Goodman dan Hedetniemi, penulis buku “Pengantar Desain dan Analisis Algoritma“

Algoritma merupakan Urut-urutan terbatas dari operasi yang terdefinisi dengan baik, yang masing-masing membutuhkan memori dan waktu yang terbatas untuk menyelesaikan suatu masalah.

+Menurut Donald Ervin Knuth, seorang ilmuan terkenal di bidang komputerisasi

Algoritma yaitu Sekumpulan aturan-aturan berhingga yang memberikan sederetan operasi-operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah yang khusus.

+Menurut Seymour Lipschutz dan Marc Lipson, keduanya penulis buku tentang aljabar dan seorang praktisi matematika dan komputer

Algoritma merupakan suatu daftar langkah demi langkah yang terhingga dari instruksi-instruksi yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk permasalahan tertentu.

+Menurut Marvin Minsky, seorang Ilmuwan dibidang Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence)

Algoritma adalah kumpulan aturan yang memberitahukan kepada kita dari waktu ke waktu, tepatnya bagaimana kita bertindak.

+Menurut David Bolton, seorang praktisi dibidang teknologi asal Australia

Algoritma merupakan sebuah deskripsi suatu prosedur yang berakhir dengan sebuah hasil.

+Menurut Andrey Andreyevich Markov, Matematikawan asal Rusia

Algoritma adalah hal umum untuk dipahami sebagai suatu keputusan yang tepat untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil yang diinginkan.

+Menurut Romi Satria Wahono, salah satu praktisi Komputerisasi terbaik dari indonesia pemilik dari situs ilmukomputer.com.

Algoritma adalah logika, metode dan tahapan (urutan) sistematis yang digunakan untuk memecahkan suatu permasalahan.



- Ekspresi dan operasi logika

Ekspresi logika (juga disebut ekspresi Boolean) adalah hasil penerapan operator logika (Boolean) pada ekspresi relasional atau aritmatika. Hasil operasi memiliki dua kemungkinan status: benar atau salah. Ekspresi logika dianggap salah jika sama dengan 0, dan dianggap benar jika bukan nol.

Operator logika memiliki prioritas terendah dan dievaluasi setelah semua operasi lainnya dievaluasi. Jika dua atau lebih operator logika muncul dalam suatu ekspresi, operator paling kiri akan dilakukan terlebih dahulu.




-Flowchart

Flowchart atau bagan alur adalah diagram yang menampilkan langkah-langkah dan keputusan untuk melakukan suatu proses dari suatu program. Setiap langkah dijelaskan dalam bentuk diagram dan dihubungkan dengan garis atau arah panah.

Flowchart berperan penting dalam memutuskan sebuah langkah atau fungsionalitas dari sebuah proyek pembuatan program yang melibatkan banyak orang sekaligus. Selain itu dengan menggunakan bagan alur proses dari sebuah program akan lebih jelas, ringkas, dan mengurangi kemungkinan salah penafsiran. Penggunaan flowchart dalam dunia pemrograman juga merupakan cara yang bagus untuk menghubungkan antara kebutuhan teknis. 



- Flowchart dokumen

Pertama ada flowchart dokumen (document flowchart) atau bisa juga disebut dengan paperwork flowchart. Flowchart dokumen berfungsi untuk menelusuri bentuk alur dari satu bagian ke bagian yang lain, termasuk bagaimana laporan diproses, dicatat, dan disimpan.



- Flowchart data

Flowchart data adalah data yang menunjukkan cara informasi mengalir melalui suatu proses atau sistem. Ini mencakup input dan output data, penyimpanan data, dan berbagai subproses yang dilalui data. DFD dibangun menggunakan simbol dan notasi standar untuk menggambarkan berbagai entitas dan konsistensi.




- Flowchart Sistem 

Yang keempat ada flowchart sistem. Flowchart sistem adalah flowchart yang menampilkan tahapan atau proses kerja yang sedang berlangsung di dalam sistem secara menyeluruh. Selain itu flowchart sistem juga menguraikan urutan dari setiap prosedur yang ada di dalam sistem.




- Flowchart Program 

Selanjutnya kita akan membahas flowchart program. Flowchart ini menggambarkan secara rinci prosedur dari proses program. Flowchart program terdiri dari dua macam, antara lain: flowchart logika program (gram logika program) dan flowchart program komputer terinci (diagram alur program komputer secara rinci).



- Simbol simbol flowchart



Simbol-simbol di atas memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Ada yang berfungsi untuk menghubungkan satu simbol dengan simbol lainnya seperti simbol flow, on-page dan off-page reference. Selain itu ada juga simbol yang berfungsi untuk menunjukan suatu proses yang sedang berjalan, dan yang terakhir terdapat simbol yang berfungsi untuk memasukan input dan menampilkan output.



- Contoh flowchart




Pertama pengguna menginput data yang berupa nilai dari bilangan bulat.

Kemudian nilai yang dimasukan diproses dengan cara dibagi dengan angka 2.

Jika sisa bagi sama dengan 0 berarti bilangan yang dimasukan adalah bilangan genap.

Jika sisa bagi tidak sama dengan 0 berarti bilangan yang dimasukan adalah bilangan ganjil.


Comments

Popular posts from this blog

DATA RADIT